Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk
menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusikan,
disimpan, dijual, dan dipakai. Wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah
atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi
dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran). Di
samping itu pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau
produk industri agar mempunyai bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan,
pengangkutan dan distribusi. Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi
sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Karena itu bentuk, warna dan
dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaan.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perancangan
kemasan. Pertama, kemasan harus menarik. Kalau kemasan tidak atau kurang
menarik, kemasan akan kehilangan fungsinya karena suatu produk harus bersaing
dengan sejumlah produk lainnya dalam kategori yang sama di tempat penjualan.
Salah satu cara membuat kemasan yang menarik adalah dengan penggunaan warna
yang cermat, warnalah yang pertama kali terlihat bila produk berada di tempat
penjualan. Warna yang terang akan lebih terlihat dari jarak jauh karena
memiliki daya tarik dan dampak yang lebih besar. Kedua, isi (contents) kemasan
harus dapat memberikan informasi dan daya tarik tentang barang yang dikemas.
diakses pada 26/05/17 jam 12:38
Tidak ada komentar:
Write komentar